Kayu dari Hutan Sendiri



Faber-Castell, salah satu produsen pensil terbesar di dunia menghasilkan 1800 juta batang pensil pertahun. Untuk memproduksi pensil sejumlah ini, tentu dibutuhkan bahan baku kayu yang tidak sedikit. Dan sebagai bukti kepedulian Faber-Castell terhadap lingkungan yang telah menyediakan bahan baku untuk pensil selama ini dan menjadi satu-satunya perusahaan produsen pensil yang mempunyai hutan sendiri.  


Perusahaan memelihara perkebunan cemara sendiri, di hutan seluas 10.000 hektar yang sebelumnya adalah padang rumput, dekat Prata di Minas Gerais, ribuan mil dari hutan hujan Amazon yang dilindungi. Penanaman kembali yang dilakukan terus-menerus setelah menebang menghasilkan lingkaran ekologi: dua juta bibit Pinus caribea ditanam setiap tahun.  


The Forest Stewardship Council (FSC) menganugerahkan penghargaan kepada hutan Faber-Castell yang dikelola di Prata. Sertifikat "Chain of Custody" (CoC) juga menjamin bahwa asal kayu dapat dilacak sejak dipanen sampai pensil jadi. Faber-Castell membangun kontribusi aktif dengan proyek Arboris, Animalis, dan ECOmmunity. Tujuannya adalah untuk melindungi alam flora dan fauna di daerah sekitar Prata. 


Pemeliharaan lingkungan juga dilakukan Faber-Castell dalam proses produksi. Faber-Castell adalah satu-satunya perusahaan yang menggunakan cat berbahan dasar air ramah lingkungan yang diproduksi di Eropa, untuk semua pensil kayu Faber-Castell. 


Pabrik Faber-Castell sudah mendapatkan sertifikat ISO 14001. ISO 14001 adalah standar prosedur yang diakui di seluruh dunia, yang bertujuan secara terus menerus mengembangkan kegiatan perusahaan untuk melindungi lingkungan. Ini menuntut manajemen lingkungan untuk memenuhi baik tujuan ekonomi maupun lingkungan.


Hal yang penting adalah tidak hanya membentuk sistem tetapi juga memberikan perhatian yang terus ditingkatkan untuk mengobservasi dan memelihara hal ini.