Tahukah Kamu
Proses Pembuatan Pensil Warna?

 
 

Setiap hari kita menggunakan pensil untuk menulis atau menggambar. Tapi apakah kita tahu bagaimana pembuatan pensil sebenarnya?  Untuk itu kita perlu mengenal bagaimana langkah-langkah pembuatan pensil, hingga akhirnya dapat kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam hal ini, kita akan melihat proses pembuatan Pensil Warna dari Faber-Castell.

 

Pensil terbuat dari penggabungan lembaran kayu yang sudah dicetak bentuk alur dengan isi pensil. Isi pensil disebut dengan leads. Leads untuk pensil warna merupakan campuran antara pigment (organic dan inorganic), Kaolin, Carboxy Methyl Cellulose, Wax dan Surfactant. Bahan-bahan tersebut harus dicampur, dan di bentuk sehingga menjadi bentuk leads yang sempurna. Leads tersebut lalu dipotong dengan ukuran pensil dan melewati proses pengeringan.

 

Setelah Leads mengering, leads dimasukkan ke dalam dua lembaran kayu yang sudah dicetak dengan bentuk alur dengan tambahan lem perekat. Untuk memudahkan, imajinasikan proses pembuatan sandwich! Bayangkan roti sandwich adalah lembaran kayunya, sedangkan isi dari sandwich merupakan leads, lalu tambahkan sausnya yaitu lem perekat. “Sandwich” tersebut lalu di panaskan sehingga pensil tidak mudah patah.

 

Pensil lalu dipotong sesuai dengan ukurannya masing-masing, lalu di beri warna dan di beri logo Faber-Castell di badannya. Lalu, siap dikemas hingga menjadi produk yang dapat kamu pakai sekarang!

 
 

Grooving-Pembuatan Alur

 

Disatukan menjadi seperti "Sandwich"

 

Pemberian Lem

 

Molding-Pemotongan sehingga menjadi bentuk pensil

 

Pengisian Leads

 

Pengecatan

 
 

Hasil Pengecatan

 

Pemberian Merek

 

Pemotongan Ujung Pensil

 
 

Penyerutan Pensil

 

Penambahan Accesories

 

Pengemasan

 
 

Pensil-pensil yang dihasilkan oleh Faber-Castell sudah melalui proses pengecekan kualitas produk. Pengecekan kualitas tersebut antara lain:

1. Tes Kekuatan Rekat Lem

Tes ini mengecek kuatnya lem yang menempel antara leads dengan kayu pensil. Hal ini mencegah agar leads tidak mudah merosot.

2. Tes Kekuatan Leads

Tes ini mengukur kekuatan leads, sehingga leads tidak mudah patah.

3. Dropping Test

Tes ini mengukur kekuatan leads jika dijatuhkan sejauh 130cm (ukuran meja normal).

4. Tes Warna

Tes ini mengecek keseragaman warna oleh pensil-pensil Faber-Castell diberbagai negara. Hal ini berkaitan dengan pabrik pembuatan pensil dilakukan di beberapa negara, sehingga perlu memperhatikan standarisasi warna, sehingga di negara manapun warna yang dihasilkan adalah sama.

5. Tes Anti Racun

Tes ini membuktikan bahwa pensil-pensil yang dihasilkan tidaklah mengandung racun dan aman untuk digunakan oleh anak-anak. Alat yang digunakan untuk mengetes anti racun ini adalah Atomic Absorption Spectrophotometer(AAS).