Kaspar Faber

Pembuat pensil pertama kali tercatat di kota kekaisaran Nuremberg sekitar tahun 1660. Banyak pengrajin juga mendirikan toko di desa-desa sekitarnya, tetapi terutama di Stein, yang berada di dalam Marquisate dari Ansbach. Di tempat ini pengrajin tidak tunduk terhadap kontrol yang ketat seperti di Nuremberg, sehingga mereka memiliki keunggulan yang kompetitif.

Salah satunya adalah pembuat kabinet Kaspar Faber. Pada awalnya ia bekerja untuk pedagang lokal, tetapi dalam waktu luangnya ia menghasilkan pensil dengan namanya sendiri. Segera ia menjadi begitu sukses sehingga ia mampu mendirikan bisnis sendiri. Dari awal yang sederhana itu berkembang menjadi sebuah perusahaan yang dikenal di seluruh dunia.

Anton Wilhelm Faber

Setelah kematian Kaspar kemudian anaknya yang bernama Anton mengambil alih bisnis yang sudah dilakukan dengan baik. Dia membeli sebidang tanah di tepi Stein, dengan sebuah bengkel yang dalam beberapa tahun kemudian dibangun menjadi sebuah pabrik yang berkembang. Lokasi pabrik ini menjadi markas A.W. Faber-Castell hingga hari ini. Pada usia 51 tahun, Anton Wilhelm menyerahkan bisnis kepada anaknya Georg Leonhard yang telah dikenal sebagai pabrik pensil dan perusahaan yang masih menggunakan inisial namanya.

 

Georg Leonhard Faber

Georg Leonhard terus mengoperasikan perusahaan di masa-masa yang sulit secara politik dan ekonomi, tetapi tidak mampu mencegah penurunan dalam bisnis. Pensil nya masih diproduksi menggunakan metode konvensional, meskipun proses baru untuk membuat lead telah ditemukan di Perancis. Dia juga tidak mampu bersaing dengan "pensil Inggris langka" yang terbuat dari grafit terbaik dari Cumberland.

Namun, ia menyadari bahwa pengalaman dari negara lain sangat menentukan masa depan perusahaannya, sehingga ia mengirim anak-anaknya Lothar dan Johann ke luar negeri. Dan di kota-kota progresif London dan Paris putra sulung Lothar mengembangkan ide-ide yang dalam beberapa tahun dapat menaikkan peringkat pabriknya di Stein menjadi sebuah perusahaan bertaraf internasional.

Lothar von Faber

Lothar Faber yang berumur 22 tahun kembali ke rumah ketika kematian ayahnya pada tahun 1839. Dengan kemauan yang kuat dia mengikuti tujuan ambisius: "naik ke posisi tertinggi dengan membuat yang terbaik yang bisa dilakukan di mana saja di dunia". Dia memodernisasi produksi pabrik dan menjamin kualitas dengan bahan baku terbaik dari tambang grafit di Siberia.

Dia membangun toko besar dengan kualitas dan presentasi produk eksklusif-nya, dicap dengan "A.W. Faber "- dan menjadi kemunculan merek pertama produk alat tulis.

 

Moderenisasi Produksi

Ketika mengambil alih bisnis, Lothar tidak membuang waktu dalam modernisasi produksi. Dia mendirikan bangunan baru, dengan cahaya yang cukup dan luas untuk menciptakan kondisi kerja yang sehat dan memotivasi karyawan secara lebih baik. Memisahkan jenis pekerjaan berdasarkan jenis kelamin secara ketat: pekerjaan manual yang berat seperti tanah liat pengolahan dan grafit dan kayu dilakukan oleh laki-laki, sementara menggosok, pencetakan, dan pengemasan pensil untuk pengiriman adalah pekerjaan eksklusif untuk perempuan. Gambar menunjukkan leads sedang direkatkan ke dalam slats. Dia membangun toko besar dengan kualitas dan presentasi produk eksklusif-nya, dicap dengan "A.W. Faber "- dan menjadi kemunculan merek pertama produk alat tulis.

 

Social foundations

Lothar Faber sangat menyadari masalah sosial yang timbul dari industrialisasi. Oleh karena itu pada tahap awal ia mendirikan lembaga yang kemudian menjadi sebuah standar, seperti skema asuransi kesehatan perusahaan - yang tertua di Bavaria.

Lima tahun kemudian ia mendirikan bank tabungan untuk para pekerjanya, maka skema pensiun dan "klub konsumen" di mana mereka bisa membeli makanan dengan harga yang terjangkau. Dia membangun blok apartemen yang sangat nyaman dengan standar waktu itu, sehingga karyawannya menikmati standar hidup yang relatif tinggi.

 

Salah satu Taman Kanak-kanak pertama di Jerman

Pendidikan sangat berniilai di dalam hati Lothar Faber. Untuk melindungi anak-anak kecil dari "pengaruh berbahaya" ia bermurah hati dengan memberikan dukungan untuk TK di Stein yang dibuka pada 13 Agustus 1851 - dengan nama "institusi perawatan bayi". Dia memberi sumbangan ke sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, termasuk perpustakaan untuk karyawannya yang berisi buku "yang berguna dan edukatif".

 

Grafit dari Siberia

Lothar Faber memperoleh keuntungan pasar yang menentukan ketika ia memperoleh hak mineral tunggal untuk tambang grafit di Siberia pada tahun 1856. Sebuah perusahaan pencari emas Perancis yang terkenal telah menemukan tambang dan menawarkan kemitraan untuk A.W. Faber. Grafit harus diangkut oleh rusa di medan yang sulit dari pegunungan Sayan, sekitar 200 mil sebelah barat Irkutsk, kemudian dengan perahu menyusuri sungai Amur ke pantai timur dan dari tempat tersebut ke sepanjang Pasifik Barat, Samudera Hindia dan Samudera Atlantik ke Hamburg. Meskipun demikian, ini adalah usaha yang berharga, dan "pensil Siberia", terbungkus kayu yang bagus dari Florida, dijual di seluruh dunia.

 

Perayaan Tahun ke seratus

Perusahaan A.W. Faber merayakan ulang tahun keseratus pada tahun 1861. Pada saat itu telah memiliki 250 karyawan dan yang secara signifikan telah tersudut dengan market share. Lothar Faber yang inovatif, sedang mencari kemungkinan untuk diversifikasi bisnis dan datang ke sebuah tambang batu tulis di belasan mil barat dari kota Hof di utara Bavaria. Pada tahun ke seratus ia mendirikan pabrik untuk membuat papan tulis sekolah di desa Geroldsgrun, menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang. Lalu menghasilkan beberapa penggaris hitungan yang terkenal di dunia.

 

Pabrik pensil dibuka di New York

Perdagangan dan perniagaan menjadi semakin sulit selama perang sipil Amerika Serikat (1861-1865). Sehingga untuk menghasilkan pensil untuk pasar Amerika Utara, A.W. Faber mendirikan pabrik di Brooklyn yang dipimpin oleh saudara Lothar Faber yang bernama Eberhard. Kemudian perusahaan ini memutuskan hubungan dengan perusahaan induk dan menjadi perusahaan independen yaitu Eberhard Faber Company.

 

Lothar Faber diangkat menjadi bangsawan

Selama bertahun-tahun, Lothar Faber menerima berbagai medali dan penghargaan sebagai pengakuan atas pelayanan sosial dan ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat. Pada tahun 1862, Raja Maximilian II dari Bavaria menganugerahinya sebuah gelar bangsawan, dan tiga tahun kemudian dia diangkat dewan untuk mahkota Bavaria. Kaisar Perancis Napoleon III mengirim delegasi ke Stein pada tahun 1867 untuk memeriksa instansi untuk kesejahteraan pekerja Faber, yang dianggap teladan. Para delegasi sangat terkesan dan kaisar menganugerahkan ksatria Legio d'Honneur kepada Lothar von Faber. Pada tahun 1881 ia diangkat ke gelar bangsawan keturunan.

 

Perusahaan yang terdaftar di US

Pada tahun 1870 nama A.W. Faber secara resmi masuk dalam Daftar Perusahaan AS, sebagai nama kelima dalam buku besar pertama. Sejak empat perusahaan sebelumnya itu tidak ada lagi, AW Faber adalah nama merek tertua di Amerika Serikat.

Perusahaan ini juga terdaftar di Rusia pada tahun yang sama. Pendaftaran lainnya diikuti di Inggris, Italia, Perancis, dan Spanyol.

 

Protection of proprietary rights

Lothar von Faber menandai produk-produk berkualitas dengan nama perusahaannya, pada saat itu bukan menjadi praktek standar. Segera, bagaimanapun, banyak pensil berkualitas rendah muncul di pasar dengan huruf A.W. Faber, sehingga Lothar terpaksa mengambil langkah-langkah hukum terhadap produk imitasi murah tersebut. Dalam kapasitasnya sebagai anggota dewan kerajaan ia mengajukan petisi lewat undang-undang untuk melindungi hak kepemilikan. Yang mulai berlaku pada tahun 1875.

Presentasi Produk

Lothar von Faber selalu menempatkan pentingnya presentasi yang eksklusif untuk kualitas produknya. Dia merancang dan melengkapi ruang penjualan dan jendela display dengan perhatian besar terhadap detail. Kotak presentasi ini memiliki beberapa laci dan rumit dihiasi dengan tatahan dan sejumlah ruang. Kedua kotak pada ujung digunakan untuk alat menulis dan penajam pensil.

Rumah Faber di Berlin

Setelah Kekaisaran Jerman didirikan pada tahun 1871, Berlin telah berkembang menjadi sebuah ibu kota penting. A.W. Faber juga hadir di sana, dan pada "Empire Day" pada tahun 1884 dibuka tempat bisnis di Friedrichstrasse yang elegan. Di lantai dasar bertempat toko yang cukup besar sedangkan lantai atas menjadi gudang dan kantor untuk manajer dan stafnya. Rumah Faber ini terkenal, tapi sayangnya hancur dalam pemboman Berlin selama Perang Dunia Kedua.

Wilhelm von Faber

Anak Lothar von Faber Wilhelm ditunjuk sebagai pewaris. Ia belajar administrasi bisnis di Nuremberg dan di Swiss, dan bergabung dengan perusahaan pada tahun 1873. Tiga tahun kemudian ia menjadi penandatangan yang berwenang dengan surat kuasa.

Wilhelm von Faber cenderung ke artistik dan tidak benar-benar cocok untuk bisnis. Nasib baik tidak berpihak kepadanya: anak-anaknya Lothar dan Alfred meninggal pada usia tiga tahun dan empat tahun. Setelah tragedi itu, ia meninggal pada usia dini yaitu 42 tahun, meninggalkan tiga anak perempuan, semuanya masih di bawah umur.

Setelah kematian Lothar pada tahun 1896, jandanya Ottilie menjalankan perusahaan hingga pergantian abad, dibantu oleh beberapa karyawan yang setia.

Count Alexander Faber-Castell

Putri tertua Wilhelm von Faber dan pewaris berikutnya Baroness Ottilie von Faber (1877-1944) menikah pada tahun 1898 dengan Count Alexander zu Castell-Rudenhausen. Dua tahun kemudian ia bergabung dengan dewan manajemen setelah kematian janda Lothar pada tahun 1903. Pada tahun yang sama batu fondasi pertama untuk Kastil ditanam - sebuah monumen yang unik di Jugendstil (gaya art nouveau Jerman).

Perusahaan menjadi lebih berkembang di bawah pimpinan Count Alexander. Dia memberikan gambar yang lebih modern dan jelas, dengan pensil hijau "Castell 9000" yang terkenal dan logo jousting ksatria.

A new name comes about

Jadi untuk mempertahankan identitas perusahaan asing, Lothar von Faber memiiliki kehendak bahwa jika ahli warisnya menikah maka ia harus menjaga nama keluarga. Ini adalah langkah yang paling tidak biasa pada saat itu, hal ini membutuhkan persetujuan kerajaan. Tapi itu adalah alasan mengapa Alexander dan Ottilie dikenal bukan sebagai "Count dan Countess zu Castell-Rudenhausen" tetapi sebagai Count dan Countess von Faber-Castell. Nama baru itu kemudian dijadikan nama perusahaan, yang sejak itu menjadi A.W. Faber-Castell.

Kastil Baru

Di sebelah rumah besar yang dibangun oleh Lothar von Faber, Ottilie dan Alexander von Faber-Castell, mereka menugaskan arsitek Theodor von Kramer Nuremberg untuk mendesain rumah besar yang baru. Dari tampak luar, mereka ingin terlihat seperti sebuah kastil - melambangkan nama Castell. Untuk interior kastil, di sisi lain mencerminkan semangat dalam waktu dan merupakan sebuah contoh yang luar biasa dari arsitektur Jugendstil (art nouveau). Tiga kamar di 'istana' yang dirancang oleh Bruno Paul. Kamar mandi model mewah dan dilengkapi dengan fitur-fitur teknis yang paling modern.

Seri dari Pensil Castell

Setelah mengambil alih pimpinan perusahaan, hanya dalam waktu singkat Count Alexander mampu memimpin pasar secara kompetitif dengan serangkaian pensil berkualitas tinggi bertuliskan nama Castell. Keunggulan ragam produk ini mempengaruhi proses manufaktur yang baru dan berbagai ragam pensil yang berbeda. Warna cat mantel hijau tua - konon berdasarkan warna resimen Count - dan gambar ksatria jousting datang dengan berdiri untuk Perusahaan A.W. Faber-Castell.

Pensil Warna Polychromos

Tak lama setelah pensil Castell, produk sukses selanjutnya diluncurkan ke pasar: "Polychromos". Pada awal peluncuran, produk tersebut tersedia dalam 60 warna yang berbeda, disesuaikan dengan cat air standar secara seksama. Dalam beberapa tahun pensil ini merupakan produk yang berkualitas sehingga sangat cocok bagi para seniman; sampai saat ini produk ini merupakan produk unggulan yang tetap tak tertandingi.

Perayaan ulang tahun ke-150

Pada perayaan ulang tahun ke-150 pada tahun 1911. Sebuah kompleks produksi modern didirikan dengan cahaya yang memadai dan kamar yang lapang sehingga menjadikan kondisi kerja yang sangat baik bagi karyawan. Jumlah karyawan menjadi lebih dari dua kali lipat sejak tahun 1904: perusahaan sekarang memiliki 2000 pekerja dan 200 anggota staf teknis dan keuangan, memasok ke sekitar 100.000 pelanggan di seluruh dunia.

Ottilie and Alexander berpisah

Count dan Countess berpisah setelah 18 tahun menikah. Setelah Count Alexander absen cukup lama selama perang telah membuatnya menjadi sulit untuk menyamakan kepentingan mereka yang berbeda. Ottilie meninggalkan suami dan anak-anak untuk menikah dengan Philipp von Merek zu Neidstein. Sebagai hukum perceraian kemudian diberlakukan, Ottilie adalah pihak yang bersalah, dan keberuntungan keluarganya berpihak ke anak Roland. Count Alexander menjadi pimpinan perusahaan.

Foreign operations were confiscated

Perang Dunia Pertama menyebabkan kerusakan bagi ekonomi Jerman; Faber-Castell merupakan salah satu perusahaan yang mengalami kerugian serius. Beberapa operasi asing disita; anak perusahaan di Amerika dijual setelah gencatan senjata. Membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum A.W. Faber-Castell (sebelumnya A.W. Faber) mampu menginjakkan kaki di Amerika Utara lagi: hingga sampai tahun 1994 perusahaan berhasil mendapatkan hak-hak untuk nama merek di Amerika Serikat dan Kanada.

Kematian Count Alexander

Dua tahun setelah bercerai dengan Ottilie, Count Alexander menikah dengan Countess Margit von Zedtwitz; anak mereka Radulf lahir pada tahun 1922. Count digabungkan ke nama Castell-Rüdenhausen. Count Alexander meninggal karena sakit di paru-paru pada usia 61. Anaknya dari pernikahan pertama, Roland yang berusia 23 tahun, adalah pewaris nama Faber-Castell.

Count Roland von Faber-Castell

Dengan kematian Count Alexander pada tahun 1928 menjadikan putranya Roland menjadi pimpinan perusahaan. Pada tahun 1932 Faber-Castell mengambil alih pabrik pensil Johann Faber (didirikan oleh saudara Lothar von Faber pada tahun 1879) dan dengan anak perusahaan Brasil Lapis Johann Faber. Pada tahun 1950 Faber-Castell mengakuisisi perusahaan Osmia dan mulai memproduksi pena dengan nama sendiri; namun produksi berhenti pada tahun 1975.

Anak perusahaan di negara lain baru didirikan antara tahun 1960 dan 1977, termasuk sebuah perusahaan penjualan di Perancis (1960), pabrik di Australia dan Austria (keduanya pada tahun 1962) dan Argentina dan Peru (keduanya pada tahun 1965). Pada tahun 1967 Count Roland mampu membeli kembali saham mayoritas di Lapis Johann Faber SA di São Carlos, yang telah disita selama Perang Dunia Kedua. Saat ini merupakan pabrik pensil yang terbesar di dunia.

Dekorasi

Produk yang dirancang untuk anak-anak dan dengan kemasan yang menarik adalah hal yang penting bagi Lothar von Faber. Count Roland von Faber-Castell melanjutkan tradisi memasarkan serangkaian kotak pensil yang dihiasi dengan pasangan yang menggunakan kostum rakyat, hewan, elf, kelinci Paskah, dan Santa Claus. Kemasan warna-warni ini mampu menggembirakan hati anak-anak dan orang tua mereka.

Paten pensil mekanik

Perang Dunia Kedua kembali menempa bahaya ekonomi yang besar. Pabrik-pabrik di Brazil dan Amerika Serikat tutup. Namun, dalam waktu yang relatif singkat Count Roland von Faber-Castell berhasil menjalankan kembali perusahaannya.

Produksi pensil TK mulai dipatenkan di Konstanz di perbatasan Swiss pada tahun 1948. Ini adalah pensil mekanik baru untuk ilustrator teknis dan seniman yang terbukti sukses pada skala internasional.

Pulpen

Setelah perang pulpen menjadi semakin populer dan mewakili persaingan serius untuk pulpen fountain. A.W. Faber-Castell merupakan produsen Jerman pertama yang memasukkan pulpen dalam jajaran produknya, mengiklankan produk tersebut dengan serangkaian gambar kontemporer yang berwarna-warni.

Logo Baru

Setelah ksatria jousting kuda yang sudah dianggap kuno, sehingga logo perusahaan juga berubah. Nama perusahaan dengan nuansa peluru dan benteng dijadikan ciri khas yang disesuaikan dengan waktu, sehingga menandai dimulainya era baru. Namun setelah tahun 1993, simbol ksatria itu kembali digunakan.

Kemasan yang berwarna

Tahun-tahun pasca-perang berlangsung secara tidak menentu dan membosankan, tetapi untungnya orang-orang segera menemukan kembali kebahagiaan hidup; mereka mengembangkan rasa keinginan untuk melakukan perjalanan dan mencintai gambaran negara asing. Italia sangat populer bagi turis dari Jerman: ribuan VW Beetles dikemas dengan penggambaran anak-anak yang merasa senang ketika menelusuri pantai dengan cuaca yang cerah.

200 tahun A.W. Faber-Castell

Pada tahun 1961 perusahaan merayakan peringatan dua abad dengan 3000 karyawan dan mantan karyawan, dan dengan tamu undangan dari seluruh dunia. Korps pertahanan sipil pulau Reichenau di Danau Constance datang dengan seragam bersejarah untuk menunjukkan hubungan baik mereka dengan pabrik di Konstanz. Orang-orang dari Stein juga mengambil bagian; liburan sekolah diumumkan dan anak-anak menikmati tontonan prosesi yang penuh dengan warna.

Count Anton Wolfgang Faber-Castell

Count Anton Wolfgang von Faber-Castell menjadi pimpinan perusahaan pada tahun 1978 dan pada tahun yang sama mulai memproduksi pensil kayu untuk industri kosmetik. Dalam dua dekade berikutnya, beberapa kantor baru dan pabrik didirikan di luar negeri, termasuk yang sekarang pabrik penghapus terbesar di dunia, di Malaysia pada tahun 1980.

Aspek lingkungan menjadi aspek yang sangat penting di dalam cara perusahaan berpikir, dengan proyek kehutanan yang unik di Brasil (memproduksi bilah untuk jutaan pensil kayu-cased), pengembangan teknologi cat ramah lingkungan berbasis air, dan pabrik produksi baru di Kosta Rika untuk bilah dan pensil yang terbuat dari kayu ekologi yang bersertifikat.

Pada tahun 1993 Faber-Castell melakukan restrukturisasi citra perusahaan dan merek, membagi berbagai macam produk ke dalam lima bidang kompetensi. Pada bulan Maret tahun 2000, Faber-Castell dan serikat pekerja IG Metall bersama-sama menandatangani "piagam sosial" dengan validitas internasional, sesuai dengan pedoman dari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO). Pada bulan Juli tahun 2003 Faber-Castell bergabung dengan PBB "Global Compact", yang berusaha dalam menumbuhkan nilai-nilai bisnis umum di seluruh dunia.