loading data...

Faber-Castell Catat Trend Positif Workshop Online

Kegiatan Selama Di Rumah Saja

Jakarta, Agustus 2020. Pandemi Corona dengan segala tantangannya telah mengubah gaya hidup dan kebiasaan masyarakat di seluruh dunia. 

Selama periode karantina wilayah di saat masa pandemi yang diberlakukan di sejumlah negara, Faber-Castell Global mencatat peningkatan akses hingga 300% atas video tutorial dan materi pembelajaran lainnya.

Adanya pembatasan tersebut, berimbas diberhentikannya sejumlah kegiatan, diantaranya  dengan belum diperbolehkannya kegiatan tatap muka di sekolah, serta kondisi yang dihadapi oleh para orang tua dan lansia, yang harus menyendiri karena menghindari kunjungan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Dalam kondisi tersebut banyak diantara kita yang mencoba meredakan ketidakpastian tersebut melalui  beragam kegiatan positif, salah satunya adalah menggambar dan melukis.

Anak-anak dan orang tua / lansia mungkin merupakan salah satu kategori umur yang sangat terdampak dengan adanya pembatasan tersebut, ungkap Digital Marketing Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Martin Sori Tjukrono.

Menggambar, mewarnai dan melukis secara manual diatas kertas di percaya banyak penelitian dapat membantu mengurangi kecemasan, membantu daya ingat hingga kembali meningkatkan kreativitas, kegiatan tersebut banyak dipilih oleh anak-anak dan para orang tua dalam rangka mengisi waktu beberapa waktu lalu.

Sama seperti dengan tren yang terjadi di Faber-Castell Global, Martin menjelaskan bahwa selama periode Mei hingga Agustus ini Faber-Castell Indonesia, melalui Youtube Faber-Castell Creative Kids mencatat memiliki penonton hingga 302,600 dengan peningkatan jumlah pengguna 851 orang dan dengan total jam menonton mencapai 4.500 jam.

Selain itu, materi pembelajaran kreatif yang berada di laman www.Faber-Castell.Co.Id juga telah di unduh sebanyak 7.100 kali hingga saat ini.

Martin menambahkan bahwa saat ini, Faber-Castell terus menghadirkan program-program workshop kreatif secara virtual, dengan beragam materi serta melibatkan pemateri baik nasional maupun mancanegara yang diperuntukan untuk pribadi atau kelompok/sekolah dimana jadwal kegiatan-kegiatan workshop tersebut dapat dilihat melalui laman www.Faber-Castell.Co.Id maupun sosial media Instagram @fabercastell_id atau facebook @fabercastellcreativekids.

Created to Create

Sementara itu, Praktisi Art Therapy Adi Chandra, M.Psi., Psikolog.,CGI menilai tren yang di alami oleh Faber-Castell sangatlah wajar, hal itu sesuai dengan nilai yang memang ada di setiap insan manusia, dimana pada dasarnya manusia diciptakan untuk menciptakan sesuatu atau berkarya sesuai kapasitasnya masing-masing atau “created to create”.

Adi menambahkan, proses eksplorasi perasaan & pikiran, reality testing, penyelesaian konflik emosional, dan pengembangan kemampuan sosial, mengurangi kecemasan serta meningkatkan self esteem hanya bisa didapatkan melalui kegiatan berkesenian.

Dan kegiatan seni khususnya menggambar sendiri banyak memiliki banyak nilai lebih, sehingga penting bagi kita untuk terus berkreasi di era New Normal saat ini, tutup Adi.

Bagikan

Rekomendasikan artikel ini

Tahukah Kamu?
Faber-Castell menghasilkan lebih dari 2,3 miliar pensil kayu setiap tahun.
 Faber-Castell menghasilkan lebih dari 2,3 miliar pensil kayu setiap tahun.
Tahukah Kamu?
Faber-Castell menumbuhkan sekitar 20 m3 kayu setiap jamnya, setara dengan sekitar 1 beban truk.
Faber-Castell menumbuhkan sekitar 20 m3 kayu setiap jamnya, setara dengan sekitar 1 beban truk.
Tahukah Kamu?
Untuk produksi pensilnya sendiri, Faber-Castell hanya menggunakan kayu dari hutan yang dikelola secara lestari.
 Untuk produksi pensilnya sendiri, Faber-Castell hanya menggunakan kayu dari hutan yang dikelola secara lestari.
Tahukah Kamu?
Desain pensil kayu berubah dari bulat menjadi heksagonal / segitiga karena pensil sering jatuh terguling dari meja
Desain pensil kayu berubah dari bulat menjadi heksagonal / segitiga karena pensil sering jatuh terguling dari meja