Pada Artikel Ini

Tips Sukses Pembelajaran Jarak Jauh

Pada tahun ajaran baru ini, banyak sekolah dan universitas yang memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui daring untuk keselamatan dan kesehatan siswa/mahasiswa dan staf pengajar. Tentu ini memberikan tantangan tersendiri bagi banyak pihak. Faber-Castell ingin bagi-bagi tips sukses menjalani Pembelajaran Jarak Jauh. Yuk simak yang satu ini.

1.  Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran

Sama ketika kita belajar di kelas, sebaiknya kita mencatat pelajaran ketika menonton video pelajaran langsung maupun rekaman. Karena dengan mencatat, kamu akan lebih mengingat pelajaran. Anda memerlukan ballpoint yang cepat kering supaya bisa mencatat dengan cepat. Siapkan juga correction tape jika salah menulis. Setelah itu, rapikan catatan dan berikan tanda dengan Textliner Metallic untuk hal-hal penting.

Pastikan kamu duduk di kursi dan meja yang nyaman jika memungkinkan. Baca-baca buku pelajaranmu sebelum kelas dan jangan malu bertanya jika ada yang tidak kamu pahami

2. Buat Chat grup kelas

Ajak teman-teman sekelas membuat grup kelas baru, gunakan platform daring seperti Skype atau Zoom untuk membuat kelompok belajar. Kamu bisa mengerjakan tugas bersama, diskusi mengenai pelajaran atau sekedar saling menemani ketika mengerjakan tugas.

Selain bermanfaat untuk tambah semangat belajar, kamu bisa lebih mengenal teman sekelas dan menjaga hubungan silahturami. Ini juga bermanfaat untuk membuat kamu tidak merasa terisolasi dari kelas walaupun tidak berada saling berdekatan. Tetapkan peraturan chat yang tegas agar grup tidak menjadi ajang ngobrol.

3. Aktif bertanya pada guru dan dosen

Mungkin saja kamu tidak pernah bertemu langsung dengan guru dan dosen. Tapi usahakan agar kamu tetap dekat secara daring. Email dan chat semua kendala ataupun kemajuanmu. Jika kamu merasa gelisah dan stress, ungkapkan dengan jujur ke guru dan dosen.

Pastikan kamu tetap sopan dalam setiap interaksi. Hindari menghubungi guru di waktu-waktu yang kurang tepat seperti jam usai sekolah. Sabarlah menunggu respon guru. Maklumi juga ketika guru dan dosen mengalami kesulitan teknis dan membutuhkan waktu untuk menjawab chat dan emailmu.

4. Lengkapi alat-alat kebutuhan belajar

Pembelajaran Jarak Jauh tentu membutuhkan computer atau laptop dan koneksi yang baik. Jika kamu tidak memiliki akses ini, komunikasikan dengan guru dan dosen atau pihak sekolah.

Pastikan jika alat tulismu tersedia di jam Pembelajaran Jarak Jauh. Lengkapi ballpoint Air Gel Pen, Textliner untuk menandai hal-hal penting di catatanmu, Correction Tape Chameleon dan buku tulis. Jika tidak bisa ke toko, pesan secara online di Tokopedia.com/faber-castell

Selalu cek email jadwal pelajaran agar persiapanmu maksimal.

5. Siapkan tempat belajar di rumah

Jika terbiasa belajar di sekolah atau di kampus, tentu kamu merasa aneh belajar di rumah. Coba beberapa trik ini untuk membuat kamu lebih konsentrasi belajar.

Tentukan area belajar yang bisa membuat kamu duduk dengan nyaman. Jika kamu tidak memiliki meja belajar, pakailah permukaan apapun yang bisa membuat kamu duduk. Taruh semua yang kamu perlukan untuk belajar di dekatmu agar kamu tidak perlu berdiri untuk mengambil sesuatu. Ada baiknya kamu menaruh semua kebutuhan belajar dalam satu backpack besar seperti Delta atau Omaga Backpack.

Jika perpustakaan sekolah tetap buka dan kamu lebih ingin belajar di sana, pastikan selalu menjalani protocol kesehatan dan kebersihan yang sudah direkomedasikan oleh dokter yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan duduk berjauhan dari orang lain.

 

6. Pastikan istirahat dengan teratur

Ini adalah tips yang paling sering diingatkan karena sangat penting ketika kamu belajar di rumah. Jika tidak cocok dengan jam produktif, kamu tidak perlu terlalu ketat dengan jam belajar. Istirahat dengan teratur agar pikiran tetap segar dan jauh dari rasa lelah belajar. Jauhi laptop dan gadget setiap jam dan lakukan hobimu. Warnai buku relaksasi atau doodle dengan Fineliner.

Hirup udara segar dan lakukan olahraga agar tetap sehat.

Setelah selesai kegiatan belajar, jangan lupa untuk membersihkan semua alat tulis dan bukumu. Masukkan semuanya di backpack Delta agar ruangan tetap rapih dan terorganisir. Dengan begini, besok kamu merasa semangat untuk belajar karena ruangannya bersih.

Baca juga

Belajar Lebih Asyik dengan Studygram
Belajar Lebih Asyik dengan Studygram
Kinicatatan pelajaran atau kuliah pun bisa dibuat menjadi karya seni tanpa kehilangan fungsi awalnya.
Selengkapnya

Alat tulis pilihan

Air Gel pen Black Ink 0.5 mm
Air Gel pen Black Ink 0.5 mm
Eito Backpack Blue
Eito Backpack Blue
Fineliner Black
Fineliner Black
Tahukah Kamu?
Faber-Castell menghasilkan lebih dari 2,3 miliar pensil kayu setiap tahun.
 Faber-Castell menghasilkan lebih dari 2,3 miliar pensil kayu setiap tahun.
Tahukah Kamu?
Faber-Castell menumbuhkan sekitar 20 m3 kayu setiap jamnya, setara dengan sekitar 1 beban truk.
Faber-Castell menumbuhkan sekitar 20 m3 kayu setiap jamnya, setara dengan sekitar 1 beban truk.
Tahukah Kamu?
Untuk produksi pensilnya sendiri, Faber-Castell hanya menggunakan kayu dari hutan yang dikelola secara lestari.
 Untuk produksi pensilnya sendiri, Faber-Castell hanya menggunakan kayu dari hutan yang dikelola secara lestari.
Tahukah Kamu?
Desain pensil kayu berubah dari bulat menjadi heksagonal / segitiga karena pensil sering jatuh terguling dari meja
Desain pensil kayu berubah dari bulat menjadi heksagonal / segitiga karena pensil sering jatuh terguling dari meja