Perlindungan Ekologi

Sepertiga dari hutan Faber-Castell tetap asri dan dilindungi, serta menjadi habitat bagi sekitar 660 spesies hewan dan tumbuhan.

Faber-Castell mengelola 10.000 hektar hutan pinus dengan mengusung pelestarian yang berkelanjutan dan hutan tersebut telah berkontribusi 86 % sebagai sumber bahan baku untuk pensil Faber-Castell di seluruh dunia.

Faber-Castell menggunakan 100 persen kayu dengan sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) dan Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC). Kami bangga bahwa Faber-Castell menjamin sumber bahan baku yang berasal dari sumber-sumber lestari, terlindungi dan bertanggung jawab

Setiap tahunnya sekitar 300.000 bibit pohon ditanam di hutan lestari kami, dan setiap jamnya kami berhasil menumbuhkan kembali setara dengan satu buah truk.

Semangat daur ulang dan konservasi, menjadi nilai dari setiap produk yang kami hasilkan. Dengan mengunakan hanya bahan baku bermutu, produk-produk kami banyak yang dapat digunakan kembali maupun di isi ulang.

Kami berkomitmen untuk terus mengurangi penggunaan bahan berbahan plastik dan menggantinya dengan bahan ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Kami bangga, hutan yang di miliki dan di kelola oleh Faber-Castell, di Brazil dan Colombia telah menyerap lebih dari 900.000 ton zat karbon dioksida (CO2) dan membantu menetralisir emisi yang berasal dari proses produksi dan non produksi kami.

Kami bangga, hutan yang di miliki dan di kelola oleh Faber-Castell, di Brazil dan Colombia telah menyerap lebih dari 900.000 ton zat karbon dioksida (CO2) dan membantu menetralisir emisi yang berasal dari proses produksi dan non produksi kami.

Dari Pohon Hingga Menjadi Pensil

Faber-Castell adalah pelopor terdepan dalam industri alat tulis. Melalui sebuah gagasan yang dimulai sejak pertengahan 1980, kami telah melakukan langkah dengan membuat terobosan untuk menjalankan proses industri yang ramah lingkungan dan mendorong kelestarian yang berbasis sumber kayu jangka panjang. Melalui hutan lestari kami di Prata-Brasil, Faber-Castell menggunakan kayu lunak pilihan, dengan kategori bahwa kayu tersebut dapat tumbuh secara cepat, dan telah melalui proses pembibitan. Sebuah proses ekologis yang berkelanjutan, dimana setiap baris pohon yang di panen akan tergantikan oleh ratusan ribu pohon muda. 300.000 pohon muda dari jenis Pinus Caribaea ditanam dan dibesarkan setiap tahun di area seluas sekitar 10.000 hektar (100 km²), ribuan mil dari hutan hujan Amazon. Dalam proses selanjutnya, team kami hanya memilih kayu dengan kurun usia 20-23 tahun untuk di panen, untuk selanjutnya menjadi bahan baku pembuatan sebuah pensil. Tidak hanya memastikan bahwa bahan baku merupakan yang terbaik dan terpilih, proses & metode produksi, penelitian & pengembangan sebuah produk hingga proses pengelolaan sisa bahan baku, terus menjadi fokus kami dengan dilakukan pengkajian dan evaluasi secara berkala. Sebagai contoh, Faber-Castell menjadi pengagas dalam penggunaan cat berbasis air yang ramah lingkungan, salah satunya yang digunakan sebagai lapisan luar sebuah pensil.

Carbon Neutral Company

Studi ilmiah yang dilakukan TÜV-Rheinland® pada 2012 mengungkap bahwa hutan Faber-Castell di Prata-Brasil Tenggara, menyerap 900.000 ton karbon dioksida (CO2). Hutan seluas 10.000 hektar milik Faber-Castell di Brazil tidak hanya mengamankan stok kayu lestari tetapi juga telah melindungi lingkungan hidup untuk terus berkelanjutan dan bernilai, hal itu karena hutan tersebut melalui proses fotosintesisnya telah mengubah CO2 dan menjadikannya sebagai biomassa. Pohon-pohon pinus dan hutan di Prata-Brasil, sepertiganya tetap asri, dan berhasil menetralkan karbon yang dihasilkan dari proses produksi & non produksi Faber-Castell di seluruh dunia. Tidak hanya itu, sebagian besar hutan juga telah menjadi habitat bagi spesies hewan dan tumbuhan langka, sebuah interaksi dan harmonisasi untuk keberlanjutan alam. Hal ini menjadikan Faber-Castell sebagai perusahaan dengan status Carbon Neutral Company.

Keanekaragaman Hayati

Sepertiga dari hutan Faber-Castell di Prata-Brasil adalah lingkungan asli yang dilestarikan dan telah menjadi biotope untuk spesies hewan dan tumbuhan langka. Hutan yang menjadi rumah bagi sekitar 660 spesies hewan dan tumbuhan, seperti burung kumbang bertelinga putih. Dari jumlah tersebut, 50 spesies merupakan hewan yang sangat langka dan masuk dalam kategori terancam punah.

Memproduksi Carbon Neutral

Kami turut berperan aktif dalam pengedalian perubahan iklim, dengan melaksanakan audit tahunan terhadap jumlah karbon yang kami produksi dari tiap pabrik kami diseluruh dunia. Dimana seluruh emisi karbon di konversi dengan jumlah O2 yang dihasilkan oleh hutan kami di Brazil.

ISO 9001 / ISO 14001

Semua lokasi produksi (pabrik) di Grup Faber-Castell telah disertifikasi sesuai dengan norma-norma internasional untuk memastikan bahwa kualitas dan standar perlindungan lingkungan terpenuhi.

FSC®

Lebih dari 90% kayu yang digunakan untuk produksi pensil Faber-Castell di seluruh dunia berasal dari 100% hutan bersertifikasi Forest Forest Stewardship Council (FSC), yang berasal dari sumber-sumber yang dikelola secara berkelanjutan, lestari dan bertanggung jawab.

PEFC

Faber-Castell juga mengusung sumber-sumber dengan sertifikasi PEFC Programme for the Endorsement of Forest Certification , sebagai alternatif dari FSC. Kedua sertifikasi tersebut untuk memastikan bahwa sumber daya telah di kelola secara berkelanjutan, dan digunakan untuk bahan baku yang berbasis dari hutan.

Eco Pencil

Faber-Castell menjamin bahwa bahan baku kayu kami telah memperoleh sertifikasi hutan lestari (FSC, PEFC, SFI) dimana tiada pohon yang di tebang tanpa ditanam kembali.

Pernish Berbasis Air

Faber-Castell merupakan pionir, produsen pertama yang memperkenalkan teknologi pernish berbasis air yang ramah lingkungan, yang digunakan untuk hampir semua alat tulis yang diproduksi di pabrik utama kami di Stein-Jerman.

PVC-free

Sebagai market leader di industri alat tulis, termasuk produk penghapus, Faber-Castell menghindari penggunaan pelembut yang berbahaya. Penghapus diproduksi di bawah pengawasan kualitas yang sangat ketat dan menjamin bebas dari penggunaan Polivinil Klorida (PVC).

Dapat Diisi Ulang

Setiap produk yang kami hasilkan mengunakan hanya bahan baku bernilai, produk-produk kami banyak yang dapat digunakan kembali maupun di isi ulang.

Plastik Daur Ulang/Kardus Daur Ulang

Kami terus bekerja keras untuk terus melakukan upaya pengurangan pengunaan plastik dan menggantinya dengan bahan daur ulang.

Karton Daur Ulang

Tidak hanya kemasan produk, kami juga menggunakan karton yang dapat didaur ulang.

Komitmen Faber-Castell di Kehidupan Sosial
Kepedulian terhadap sesama menjadi alasan utama kami menjalani program tanggung jawab sosial perusahaan.
Selengkapnya
Ekonomi
Faber-Castell perusahaan manufaktur pensil kayu yang tertua dan terunggul
Selengkapnya
Lembar Fakta Usaha Pelestarian Lingkungan kami
Dengan hutan kami di Brasil, kami mencapai status produksi karbon netral.
Selengkapnya
X